Mitos adalah salah satu hal yang belum bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini karena masih banyak orang yang percaya tentang hal-hal yang dianggap tabu dan bersifat tradisional. Salah satu mitos yang hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia adalah tentang tanah kuburan dan mitos yang dimilikinya. Banyak sekali rumor yang mengatakan bahwa tanah yang diambil dari kuburan dapat digunakan untuk hal-hal negatif seperti santet, merugikan dagangan, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai mitos dari tanah pemakaman atau kuburan.

Inilah beberapa mitos dari tanah kuburan yang dianut dan dipercaya hingga saat ini.

  • Jangan pernah menunjuk tanah pemakaman

Anda pasti pernah mendengar bahwa tidak boleh menunjuk tanah pekuburan, kan? Terlebih ketika kita menggunakan jari telunjuk untuk mengunjuk kuburan tersebut. Jika anda sudah terlanjur menunjuk kuburan dengan jari telunjuk, maka secepatnya harus mengemut jari tersebut. Mengapa? Hal ini karena menurut mitos, apabila anda menunjuk tanah pekuburan dan tidak mengemut jari telunjuknya, maka jari tersebut akan membusuk dengan cepat. Selain itu, tangan tersebut juga akan putus. Meskipun terdengar sangat tidak masuk akal, namun sebagian orang masih mempercayai mitos ini terlebih untuk anak-anak.

  • Menanam pohon di tanah pekuburan akan meringankan siksa

Mungkin sebagian besar dari anda pernah melihat bahwa mengapa banyak tanah pemakaman yang ditanami oleh tumbuh-tumbuhan atau pepohonan. Bagi anak kecil, mungkin hal tersebut agar kesan seram di kuburan dapat dikurangi. Namun ternyata mitos yang berkembang tidak seperti itu. Mitos tentang penanaman pohon di tanah pekuburan adalah untuk meringankan siksa. Mitos ini berkembang luas di masyarakat tradisional sehingga banyak orang yang kemudian menanam beberapa jenis tanaman yang daunnya dapat jatuh di pemakaman keluarga agar keluarganya dapat ringan dari siksa. Inilah yang menjadikan pemakaman di Indonesia saat ini banyak ditanami pepohonan.

  • Membuat mengantuk

Mitos bahwa tanah pemakaman bisa digunakan untuk membuat orang mengantuk tentu juga pernah anda dengar, terlebih ketika anda masih menginjak bangku sekolah. Untuk bisa membuat orang mengantuk dengan tanah pemakaman, seseorang hanya perlu menaburkan segenggam tanah pemakanan di bawah meja atau di laci meja.

  • Merugikan dagangan

Salah satu mitos yang juga berkembang di masyarakat mengenai efek dari tanah pemakaman adalah untuk merugikan dagangan seseorang. Hal ini tentu menjadi kepercayaan yang sangat dilarang karena dalam agama sendiri bisa dianggap musyrik.

Itulah beberapa mitos mengenai tanah kuburan yang hingga saat ini dipercaya oleh masyarakat. Terlepas percaya atau tidaknya anda dalam menanggapi mitos tersebut, tentu masing-masing orang memiliki pandangan yang berbeda-beda.