Kematian merupakan hal yang tidak dapat diprediksi kedatangannya oleh manusia. Kematian dapat datang tanpa adanya sebab dan dapat dialami oleh bayi yang baru lahir atau orang yang telah berumur. Dalam mengurus kematian, ada beberapa pihak yang membantu dalam mengurus kematian seseorang. Tidak hanya membantu dalam proses penguburannya saja, beberapa pihak bahkan memberikan bantuan dalam merias jenazah yang telah meninggal tersebut. Kesemua layanan tersebut dapat ditemukan pada sebuah rumah duka. Rumah duka yang merupakan tempat bersemayam sementara jenazah memberikan banyak layanan kepada para pengguna jasa. Pengguna jasa tidak perlu memikirkan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan semala proses pemakaman berlangsung. Karena layanan inilah yang membuat rumah duka banyak digunakan oleh para pengguna jasa. Dalam melaksanakan kinerjanya, rumah duka memasang harga sewa rumah duka yang beragam kepada pengguna jasa. Biaya sewa rumah duka yang beragam tergantung dengan fasilitas apa saja yang akan digunakan oleh pengguna.

   Biaya sewa rumah duka yang berbeda akan semakin terlihat perbedaannya jika seseorang menggunakan fasilitas mewah yang ada di dalam rumah duka tersebut. Semakin banyak fasilitas yang digunakan, semakin mahak pula harga sewa yang harus dibayar oleh para pengguna jasa. Hingga saat ini, harga sewa yang ditawarkan oleh rumah duka di kawasan Pluit menjadi harga sewa termahal yang ada di Indonesia. Harga sewa yang mahal tersebut dipengaruhi oleh fasilitas dan layanan yang ada di dalam rumah duka tersebut. Rumah duka yang berdiri dengan delapan lantai tersebut dilengkapi dengan kamar mewah, dekorasi ruangan yang mewah, pendingin ruangan, televisi dan jaringan Wi-Fi kepada pelanggan. Fasilitas-fasilitas tersebut merupakan layanan mahal yang dimiliki oleh rumah duka di kawasan Pluit tersebut. Fasilitas dan layanan yang mewah tersebut mengharuskan pengguna jasa rumah duka harus membayar Rp. 18 juta hingga ratusan juta rupiah.

   Harga sewa rumah duka yang mahal tersebut tentunya tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan. Untuk itulah, beberapa rumah duka menawarkan beberapa pilihan harga sewa yang jauh lebih murah ketimbang dengan harga sewa yang ditawarkan oleh rumah duka di Pluit tersebut.  Pengguna jasa rumah duka dapat membayar biaya sewa rumah duka mulai dari Rp. 3 juta hingga Rp. 18 juta untuk satu orang konsumen. Harga tersebut dapat bertambah seiring dengan fasilitas tambahan yang diinginkan oleh pengguna jasa. Ada beberapa rumah duka yang menambah harga sewa berdasarkan dengan fasilitas dan layanan tambahan. Namun, tak sedikit pula rumah duka yang menawarkan paket kematian kepada konsumen. Paket kematian ini dapat menghemat dana bagi para konsumen yang ingin menggunakan jasa sewa rumah duka tersebut.

   Dengan adanya paket kematian, pengguna jasa rumah duka dapat mengetahui biaya sewa secara keseluruhan. Paket kematian tersebut akan menyebutkan beberapa layanan dan fasilitas apa saja yang akan diterima oleh para pengguna jasa rumah duka. Mulai dari biaya pemakaman, biaya peti mati, biaya rias jenazah dan biaya ambulance yang akan digunakan untuk mengantar jenazah ke tempat persemayaman terakhir. Biaya sewa rumah duka yang dibuat dalam bentuk paket kematian ini dapat memberikan kejelasan biaya dan layanan bagi para pengguna jasa. Paket kematian tersebut juga dianggap memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang menggunakan harga sewa rumah duka yang biasanya. Bagi para pengguna jasa sewa rumah duka, paket kematian lebih dianjurkan untuk dipilih agar pengguna jasa dapat menggunakan uang yang ada untuk keperluan yang lainnya.